Recently Favorite: Mulai dari Yoga sampai Skincare


Tulisan ini sebenarnya mengadaptasi jenis video yang biasa diunggah oleh para Youtuber, seperti Monthly Favorite, Summer Favorite untuk merangkum hal-hal yang digandrungi pada moment tersebut. Bisa berupa buku, beauty things, music, dsb. Kali ini saya mau nulis hal-hal yang lagi saya gandrungi secara random saja. Hal yang bikin saya harus menuliskanya karena ternyata hal-hal berikut ini banyak mengubah hidup saya.
Yoga
Pada awal tahun 2017 saya bikin resolusi yang sama seperti sebelumnya yaitu read more, write more and also exercise more. Nah untuk olahraga sebenarnya saya cuman punya alternatif lari di Gymnasium UPI setiap hari Minggu, tapi ternyata tak banyak waktu yang saya punya. Hidup saya hari ini hanya berpusar pada kantor-rumah-kantor-rumah lalu mudik ke rumah mertua saat weekend. Jadi saya coba cari-cari alternatif untuk bisa berolahraga di rumah dan ketemulah saya sama channel youtube nya Luisa Turnip. Jadi saya bisa praktik yoga di rumah setiap jam 6 pagi. Jangan bayangkan gerakan yoganya rumit. Sebab saya pilih gerakan yoga untuk pemula yang ringan saja. Saya pikir yang penting konsisten. Saat menulis ini saya sudah mencoba sekitar satu atau dua bulan.

Morning Pages
“Morning Pages are three pages of longhand, stream of consciousness writing,done first thing in the morning. *There is no wrong way to do Morning Pages*–they are not high art. They are not even “writing.” They are about anything and everything that crosses your mind– and they are for your eyes only. Morning Pages provoke, clarify, comfort, cajole, prioritize and synchronize the day at hand. Do not over-think Morning Pages: just put three pages of anything on the page...and then do three more pages tomorrow.”

Ya, morning pages ini saya lakukan setiap pagi setelah yoga. Kadang saya nulis di laptop, seringnya saya tuangkan sampah-sampah pikiran itu di dalam sebuah buku tulis khusus. Karena entah kenapa saya selalu merasa kalau nulis di kertas dengan pulpen itu lebih cepat bikin isi kepala keluar. Yang saya tulis hanya sebatas unek-unek, ide-ide dan biasanya bukan hal yang esensial. Tapi kalau bagus, bisa jadi bahan buat nulis di blog. Saya ngasih estimasi waktu 15-30 menit saja. Setelahnya saya bisa lanjut mencuci baju, nyuci piring dan sebagainya.


K-Show
Sebenarnya saya bukan pecinta Korea akut, untuk drama atau show saya hanya nonton yang memang lagi populer saja. Nah untuk reality show, saya lagi suka Hyoris Bed and Breakfast. Acara ini terhitung baru dan saya tungguin tiap minggu, biasanya keluar setiap hari Kamis. Saya suka acara ini karena konsep bagus, yaitu tentang Hyoris dan suaminya yang tinggal di Jeju dan membuka guest house yang menyediakan tempat menginap dan sarapan. Hyoris juga suka ngajak tamu-tamunya untuk yoga setiap pagi. Dan yang spesialnya, di acara ini ada IU yang jadi pegawai di guest house tersebut untuk membantu membuat sarapan dan beres-beres. Saya suka ngikutin acara Korea terutama yang berbau masak-masakan karena biasanya mood memasak saya langsung kembali dan suka pengen mencoba bikin masakan yang dibikin mereka dengan bahan-bahan yang ada di dapur.


Motivational Videos
Selain booktuber, saya ngikutin beberapa channel youtube yang isinya motivational speech. Dari mulai Revolution Hive, Marie Forleo dan yang saat ini lagi saya gandrungi adalah Team Fearless. Video motivasi  sebenarnya nggak akan ngebawa saya kemana-mana tapi seperti yang dibilang di video berikut, motivational video is not enough karena yang terpenting itu action, massive action. Video motivasi hanya pendorong saja, yang bikin saya percaya dengan impian-impian saya. And for me, it works!


Skincare
Dari dulu saya nggak suka make-up. Jadi saat orang-orang heboh dengan alis, saya nggak ikut-ikutan. Beda halnya dengan skincare, sebenarnya saya baru bisa bedain dua jenis kosmetik itu baru-baru ini dan ternyata hal yang selama ini saya suka adalah skincare. Misalnya saya suka banget sama milk cleanser dan toner sekalipun dulu kebalik pakenya seharusnya pakai milk cleanser, cuci muka baru pakai toner. Seorang teman ngajak saya masuk grup WhatsApp dengan nama Kinclong United dan di sana banyak dibahas tentang 1000 step Korean beauty (saking banyak tahapannya). Ada pelajaran yang bisa saya ambil dari skincare. Pertama, saya harus aware sama jenis kulit beserta masalah-masalahnya, baru ditangani dengan benar. Kedua, memakai skincare itu harus konsisten karena hasilnya akan keliatan kalau rutin.

Sejauh ini saya baru nyoba 3 tahap awal aja yaitu double cleanser – moisturizer – protecting. Produk yang saya pakai juga masih produk yang ada aja. Tapi kemarin saya mencoba 7 Skin Korean Method, yaitu nepukin hydrating toner 7 kali ke wajah. Dan.. jerawat yang suka muncul bulanan (yang masih ada saat rutinitas bulanan selanjutnya datang) itu langsung hilang dalam seminggu. Awesome! Untuk ngilangin bekasnya memang butuh waktu lebih lama lagi tapi saya akan coba konsisten.


Nah itulah hal-hal random yang lagi saya gandrungi beberapa bulan terakhir. Dan semuanya bikin hidup saya baru-baru ini terasa lebih stabil dan bermakna.

Comments

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Hanya Isyarat [Rectoverso]

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Belajar tentang Gaya Hidup Minimalis dari 5 Youtubers Ini