[Komunitas] Tabrak Warna: Menolak Tua*

"We don’t stop playing because we grow old; we grow old because we stop playing." –George Bernard Shaw
           
Apa sih yang kebayang ketika mendengar kata “mewarnai”?
Kerjaan anak TK atau SD?
Memang benar sih, mewarnai adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang dilakukan pada masa kecil. Tetapi, saat ini mewarnai juga aktivitas milik orang dewasa. Main-main deh ke toko buku, udah banyak banget buku coloring for adults dan laris banget.
Pertama kali saya penasaran dengan dunia coloring itu saat melihat salah satu adegan dalam drama korea Producer, IU mewarnai sambil menunggu telpon. Saya kaget. Eh kok ada buku mewarnai gitu? Setelahnya, karena saya juga jualan buku, sempet ada promo coloring book for adults. Saat itu cuman kepikiran buat jualan aja, belum tertarik beli.
Sampai akhirnya disodorin coloring book My Own World lah sama temen. Karena bukunya udah ada, jadi mau nggak mau harus nyari alat buat mewarnainya. Sedangkan saya nggak akrab dengan dunia gambar-menggambar. Akhirnya searching alat gambar, liat video tutorial mewarna di youtube sampai ikutan komunitas mewarnai, namanya Tabrak Warna. Saya ikut grup Whatsapp yang regional Bandung. (Serius banget ya saya?)
Nah, kemarin 10/1 saya ikutan meet up komunitas Tabrak Warna Bandung. Di bawah pohon rindang di Taman Balai Kota, bertebaran alat perang mulai dari buku mewarnai, pensil warna, connector pens, dsb. Yang dateng sebagian besar memang perempuan dengan usia yang beragam, bahkan ada yang membawa anak. Bener kan, hobi mewarnai ini lintas generasi.
Dalam komunitas ini, saya bisa ketemu dan berkenalan dengan banyak orang. Kami juga belajar bareng tentang teknik mewarnai di grup. Yah sekalipun judulnya tabrak warna, kalo kata Teh Mely (salah satu member Tabrak Warna Bandung yang juga temen saya semasa kerja di penerbit): Pilihlah warna kemana hatimu membawa. Tapi, tentu saja akan lebih membahagiakan jika hasil mewarnainya maksimal dan indah dipandang, sukur-sukur bagus buat dipamerin di Instagram. Ahaha...
Salah satu peserta meet up sempet bilang, “Sekalipun usia sudah di atas 40, dengan ikut komunitas ini, semoga bisa ikutan muda.”
“Jiwa memang harus tetep muda,” balas member yang lain.

Peralatan perang bertebaran.
Foto: Admin Tabrak Warna Bandung
Lagi pada serius ngewarnain :D (Pindah tempat karena hujan)
Foto: Admin Tabrak Warna Bandung
Memang ada beberapa tanggapan saat saya mulai belajar mewarnai, sempet ada yang bilang balik lagi kaya anak TK, sempet rebutan pensil warna sama anak sepupu yang usianya masih lima tahun, bahkan sempet ditanya adik “Teteh emang stres?” gara-gara di cover buku ada tulisan “terapi warna anti stres”. Grrrrr~
Di luar negeri mewarnai ini memang sangat populer. Di Indonesia sendiri lagi ngehits akhir-akhir ini (entah memang sudah lama dan saya kurang update). Mewarnai banyak disebut-sebut sebagai anti stres, sarana relaksasi dan menjernihkan pikiran yang mumet. Ada juga yang bilang, mewarnai bisa memicu munculnya imajinasi dan ide kreatif.
Oya, untuk mewarnai, nggak mesti punya coloring book kok, di internet banyak bertebaran gambar-gambar gratis yang siap di-print dan diwarnai. Kalau mau beli coloring book for adults juga banyak, di salah satu toko buku besar malah ada rak khusus buku mewarnai. Saya sendiri baru punya My Own World buku pertama. 
Me and My Own World
Seperti yang dibilang penulis besar Bernard Shaw. Kita menua karena kita berhenti bermain. Maka dari itu, mari menolak tua dengan banyak-banyakin bermain! XD
Peserta meet up Tabrak Warna Bandung
Foto: Teh Yuli

*Saat menulis judul ini, saya teringat dengan istilah "Menolak Lupa" yang banyak dipakai saat menyebut-neyebut kasus HAM

Comments

  1. Wah aku baru tau nih ada komunitasnya, pengen gabung deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru gabung. Coba cek IG atau Twitter @tabrak_warna deh :)

      Delete
  2. Keren, tapi gak ada akunya ya teh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Adit nggak poto dulu sih ahahaha

      Semoga bisa ketemu lagi next meet up ya, Kang! :D

      Delete
  3. Keren, tapi gak ada akunya ya teh hehehe

    ReplyDelete
  4. Wew Fira Mpit diam2 udah berkelana. Selamat menikmati.... Laporan ke Renebook ah. Kmrn minggu habis meet up sama editor dan CEOnya hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih lho, berkat kamu tingkat kebahagian aku meningkat ahahaha

      Delete
  5. asyik ya bisa bergabung dg komunitas yg kita sukai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng banget ketemu orang-orang yang excited dengan aktivitas yang sama-sama saya senangi :)

      Eh, makasih sudah mampir :)

      Delete
  6. Wew Fira Mpit diam2 udah berkelana. Selamat menikmati.... Laporan ke Renebook ah. Kmrn minggu habis meet up sama editor dan CEOnya hehehehehe

    ReplyDelete
  7. Lah ini di Bandung! saya kan tinggal di Bandung wkwkwkwkk wah harus ikutan nih kapan-kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh! :)
      Main-main dulu ke IG @tabrak_warna atau @tabrakwarna_bdg :D

      Delete
  8. Asik nih klo udah jadi, bisa buat pajangan y mak, bagi 1 donk #eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha saya masih newbie, mewarnainya masih ngasal belum bagus :D

      Makasih udah mampir ya! :))

      Delete
  9. itu kegiatannya memang cuma mewarnai ya? Tempatnya biasanya dimana teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegiatan utama mewarnai. Tapi di grup ada juga yang setor hasil mewarnai gambar sendiri :D

      Tempatnya pindah-pindah sih. Buat yang di Bandung, coba main-main ke IG @tabrakwarna_bdg di bio ada no adminnya kalo mau gabung grup wa dan dapet info terbaru :)

      Delete
  10. Hehehe kalau gw kayaknya gak telaten kalau harus disuruh mewarnai gini. Baru tau gw klo mewarnai gini ada grupnya. Kirain grup sketcher aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha pantes di grup banyaknya cewe sih. Ada beberapa cowo, salah satunya malah ngewarnai gambar yang dibikin sendiri XD

      Delete
  11. iya sih, akhir2 ini aku juga sering ngeliat kalo coloring book untuk orang dewasa ini lagi banyak diliput..
    kayaknya bagus emang untuk ngilangin stres hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha di cover bukunya ada label terapi anti stres sih. Dan emang kerasa pas ngewarnain tu seneng, kadang ampe lupa waktu XD

      Delete
  12. seru ya kelihatanya komunitasnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget. Banyak manfaatnya, diantaranya kita bisa belajar lebih cepat soalnya ada yang bantu :)

      Suka coloring juga? Gabung yuk! :)

      Delete
  13. mauuu ...
    tolong kakak-kakak ajari aku mewarnai. Aku hobi gambar, tapi paling nol besar soal mewarnai, selalu gajelas kalo mewarnai, ga ada keren-kerennya blass..
    ini komunitas cuma di Bandung ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di beberapa kota kok. Coba cek IG atau Twitter @tabrak_warna :)

      Yuk belajar bareng :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

Hanya Isyarat [Rectoverso]

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Belajar tentang Gaya Hidup Minimalis dari 5 Youtubers Ini