(Dibalik) Rencana Besar [REVIEW]

Identitas Buku

Judul                           : Rencana Besar
Pengarang                   :Tsugaeda
Penerbit                       : Bentang Pustaka
Tahun Terbit                : Agustus 2013
Jumlah Hlmn               : 378 halaman
Harga                          : Rp. 58.000


Universal Bank Indonesia atau UBI saat ini telah masuk deretan lima bank besar di Asia Tenggara. Setiap tahun mereka merilis laporan keuangan untuk disampaikan kepada publik. Dan di tahun 2011 ditemukan kebocoran uang 17 milyar rupiah yang diduga dilakukan oleh orang dalam.
Makarim Ghanim bukan seorang detektif. Apa jadinya ketika dia diminta oleh kawan lamanya yang menduduki posisi Wakil Direktur UBI yaitu Agung Suditama untuk mengungkap siapa pelaku dibalik kasus fraud (Istilah yang sering digunakan dalam perbankan untuk menyebut tindakan pencurian, penipuan atau penggelapan) ini. Ternyata dia diminta mengungkap kasus tersebut bukan tanpa alasan,  karena ini berurusan dengan reputasi bank dan mereka tidak ingin kasus ini tersebar ke publik.

“Bisnis kami adalah soal reputasi. Tanpa reputasi kami mati.” –hal 15


Selain itu Makarim telah dipercaya berkompeten untuk mengungkap kasus ini tersebab telah 20 tahun berkecimpung di bidang resource management atau managemen sumber daya.
Berdasarkan penyelidikan internal, muncullah tiga nama yang dicurigai memiliki motif untuk melakukan penggelapan dana BI. Nama-nama tersebut adalah Rifad Akbar, pemimpin Serikat Pekerja yang sangat militan. Dibawah kepemimpinanya Serikat Pekerja UBI di Jawa Timur benar-benar berubah haluan dan membuat risau managemen.
Orang kedua adalah Amanda Suseno seorang gadis muda, cantik, berprestasi dan workaholic. Dugaan ditimpakan padanya karena dia dipercaya manajemen serta memiliki akses paling besar dan diistimewakan di UBI Jawa Timur. Kepercayaan berlebih yang kemudian bisa menjadi bumerang.
Dan terakhir adalah Reza Ramaditya, tipikal pemikir yang mengalami demotivasi kerja tanpa alasan yang jelas. Demotivasi kerja memang potensial untuk berujung pada tindak kejahatan. Tak heran dia dimasukan ke dalam deretan nama tersebut.
Makarim memiliki waktu 30 hari untuk mengungkap kasus ini kemudian memberikan laporan kepada Agung. Dan ternyata mampu dia selesaikan dalam waktu dua minggu saja! Semudah inikah? Ternyata tak sesederhana yang dibayangkannya. Kasus ini telah menyeret dia pada kasus yang lebih serius, berbahaya dan mengancam nyawanya.
Apakah yang sesungguhnya terjadi di tubuh UBI dan bagaimana kasus fraud itu bisa terjadi? Benarkah terjadi fraud atau ada misteri lain di baliknya? Apakah yang tersembunyi dibalik tiga nama yang dicurigai sebagai salah satu pelaku?
Rencana Besar adalah novel thriller pertama Tsugaeda. Novel ini menyuguhkan teori tentang perbankan dengan bahasa yang ringan dan tidak njelimet. Mudah dicerna bahkan oleh orang yang sama sekali awam dengan dunia perbankan. Novel ini pun tidak terlalu rumit dengan teka-teki, bisa tetap dinikmati oleh orang yang tidak terlalu suka novel misteri. Dan dengan apik Tsugaeda membuka satu persatu misteri tersebut hingga ke akhir.
Jika anda sedang mencari novel yang informatif, cerdas dan membuat anda terus membacanya dari awal sampai akhir? Rencana Besar patut anda jadikan pilihan.


*Review ini diikutkan dalam lomba review #CallForReviewRB oleh Bentang Pustaka

Comments

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

Hanya Isyarat [Rectoverso]

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Seni Membuang Barang [Edisi Pakaian]