(Kembali) #MenantangDiri #30HariMenulis



Tiba-tiba tadi pagi kepikiran buat (kembali) #MenantangDiri #30HariMenulis di blog. Mungkin karena... 


Pertama, gara-gara baca artikel di writerology yang memberikan tantangan menulis. Ini memang bukan hal baru bagi saya sebab sebelumnya pernah meluncurkan program ini di blog. Saat itu tantangan yang saya buat adalah #30HariMenulis cerita pendek. Hasilnya? Ceritanya ada di sini. Saya hanya berhasil membuat sebelas cerpen. Menyedihkan bukan? Tetapi tidak apa-apa, karena saya pikir, satu cerpen satu hari itu sangat berat, jangankan untuk saya yang masih belajar menulis, Bernard Batubara juga pernah melakukan hal yang sama dan ternyata targetnya tidak terpenuhi.

Belajar dari kesalahan sebelumnya, maka kali ini saya akan menurunkan target, biar lebih realistis. Selama 30 hari ke depan saya akan menulis di blog, kontennya apapun. Mau nulis puisi, cerpen, curhatan, review buku, review film, list makanan favorit apapun. Goal dari tantangan ini adalah membiasakan diri menulis terus menerus selama 30 hari. Saya akan meluangkan waktu 1-2 jam di pagi hari untuk menulis di blog.
Kedua, karena teringat dengan pesan A.S. Laksana untuk Dewi Kharisma Michellia di sini : 

Saranku, menulislah setiap hari pada jam yang sama. Terserah kau bisa memilih waktumu sendiri. Menulis pada jam yang sama adalah cara yang baik untuk mempersiapkan tubuh dan kesadaran. Sehingga menulis akan sama dengan kegiatan sehari-harimu yang lain, seperti makan, tidur, dan sebagainya. Menulis pada akhirnya hanya cara kita membangun kebiasaan.
Maka saya tidak hanya akan menulis selama 30 hari berturut-turut tetapi juga berusaha untuk menulis pada jam yang sama setiap harinya. Mengenai postingan di blog, saya bisa melakukannya pada jam berapa saja karena selain menulis saya juga harus melakukan editing.
Ketiga, saya terinspirasi untuk melakukan sesuatu selama 30 hari berturut-turut dari video di TED. Fyi, TED merupakan lembaga non-profit yang berusaha menyebarkan ide tentang Technology, Entertiment dan Design lewat presentasi dari berbagai kalangan. Nah, pada salah satu video yang saya tonton ada seorang engineer di Google, namanya Matt Cutts. Dalam presentasinya dia menyarankan untuk melakukan sesuatu hal baru, atau menghindari sesuatu selama 30 hari. Berikut videonya:


Yah, selanjutnya, doakan semoga saya bisa bertahan dengan target ini. Karena selain menulis di blog saya masih harus tetap bekerja di kantor, masih belajar desain grafis, masih membaca beberapa buku, masih harus melanjutkan novel yang tertunda dan tentunya melakukan rutinitas harian.
Nah, ada yang mau nemenin saya (kembali) #MenantangDiri #30HariMenulis di blog? Karena seperti tag line @KampusFiksi "Menulis berbeda dengan menjadi penulis. Yang pertama bisa sendirian, yang kedua butuh teman."

Salam Hangat

Comments

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Hanya Isyarat [Rectoverso]

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Belajar tentang Gaya Hidup Minimalis dari 5 Youtubers Ini