Perihal Komentar Google+ di Blogspot

Sedikit berbeda dari postingan saya biasanya, kali ini saya ingin berbagi seputar komentar di blogspot. Kebetulan beberapa hari yang lalu saya kesal karena beberapa bulan terakhir (iya beberapa bulan terakhir dan baru kesel kemarin) saya tidak bisa membalas komentar di blog, tidak ada moderasi dan pemberitahuan ketika ada komentar.
Setelah saya bertanya sana-sini disertai googling, saya akhirnya menyimpulkan bahwa blogspot memiliki dua fitur standar untuk komentar seperti halnya ada dua fitur untuk profil. Yaitu komentar bawaan blogspot dan komentar dengan menggunakan google+. Sebenarnya ada juga komentar yang langsung ngelink ke facebook dan fitur komentar lain misalnya Disqus. Tetapi saya hanya akan membahas dua hal yang selama ini sempat saya coba, yaitu komentar bawaan dan google+.
Lucunya, beberapa bulan terakhir, untuk profil blog ini, saya memakai profil bawaan blogspot tetapi untuk komentar menggunakan komentar google+. Saya sadarnya baru-baru ini sih. Soalnya foto profil blog dengan foto yang muncul di komentar itu beda. Buat saya sih tidak masalah, selama tidak mengurangi fungsi. Hal yang kemudian membuat saya kesal adalah ketika tidak muncul notifikasi di blog saat ada yang berkomentar, terlebih saya tidak bisa membalas komentar orang lain kecuali langsung mention akun google+ orang tersebut.
Dari hasil pengalaman pribadi ini, akhirnya saya membuat beberapa kesimpulan sendiri tentang dua format komentar di blogspot ini.
Komentar Bawaan Blogspot
Kalau kita udah lama punya akun di blogspot dan tidak banyak mengotak-atik masalah sinkronisasi ke google+, settingan inilah yang digunakan. Salah satu ciri blog kita menggunakan komentar bawaan adalah muncul moderasi di pengaturan komentar. Sebab, salah satu kelebihan menggunakan komentar ini, kita bisa memilih siapa saja yang bisa berkomentar, mulai dari anonim hingga pemilik akun blogspot dan google+. Kita juga bisa memoderasi komentar dengan memfilternya barangkali ada komentar yang tidak kita kehendaki. Kita juga bisa mengetahui siapa saja yang berkomentar langsung di dashboard.
Komentar Google+
Konon komentar google+ juga bisa memperberat loading blog. Ya seperti yang kita tahu, google+ memang berat. Sedangkan kelebihan menggunakan komentar dengan google+, diantaranya orang yang berkomentar tentu harus punya akun google+. Artinya akun anonim tidak akan bisa berkomentar.
Kelebihan lainnya, komentar google+ ini lebih canggih, yaitu menggunakan mention di kolom komentar dan komentar langsung muncul di akun google+, ini berarti otomatis memperluas jangkauan dan meningkatkan jumlah pengunjung.
Kekurangannya, tidak ada moderasi dan notifikasi. Setidaknya inilah yang saya alami. Saya tidak bisa mengecek komentar kecuali saya buka postingan dan melihat komentar. Mungkin ada pengaturan untuk memunculkannya di email, tetapi saya tidak tahu.
Cara Mengganti Komentar Blogspot ke Google+ dan Sebaliknya 
Barangkali ada yang bermasalah dengan komentar di blogspot seperti saya, berikut step by step mengganti profil dan komentar:
1.      Beralih dari profil blogspot ke google+

2.      Jangan dicentang komentar dengan google+

3.      Profil dialihkan lagi ke standar atau tetap google+

Setelah dipikir-pikir, sebenarnya saya lebih butuh moderasi komentar dan memantau komentar di dashboard (bukan dari email). Akhirnya, saya beralih dari komentar google+ menjadi komentar bawaan. Dan tadaaa... komentar dari akun-akun google+ menghilang!
Saya masih bisa sih memunculkannya kembali kalau menggunakan komentar google+, tapi karena saya beralih ke komentar standar, komentar-komentar dari akun google+ tidak akan muncul lagi. Jadi, saya memohon maaf buat orang-orang yang sempat meninggalkan komentar dan belum saya balas tapi sekarang tiba-tiba komentarnya menghilang.
Ya begitulah, keduanya memang memiliki kelebihan kekurangan sendiri, tergantung apa kebutuhan kita, apakah lebih mementingkan moderasi komentar ataukah jangkauan blog yang lebih luas. Saya sih berharap keduanya, tetap memakai google+ tapi ada moderasi dan notifikasi ketika ada komentar.
Ada yang mau ngasih saya saran gimana caranya?

Comments

  1. Replies
    1. Hallo mbak. Salam kenal! Terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Delete
  2. 1 lagi kelebihan kalau pake yang google+ : lebih cepat dapet komen dari orang lain, karena kita share via g+.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitu ya? Itu kalau dalam orang-orang dalam lingkaran kita juga sering buka akun google+ ya? Masih belum paham.

      Akhirnya saya sering share manual aja di google+ hehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

Hanya Isyarat [Rectoverso]

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Seni Membuang Barang [Edisi Pakaian]

Tamasya Ingatan (Sebuah Surat untuk Fathia Mohaddisa)