5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog


Creativity without discipline will struggle, creativity with discipline will succeed.
― Amit Kalantri, Wealth of Words

Membuat postingan di blog, terlebih membuat postingan yang bagus, bukanlah perkara mudah. Seorang blogger harus bisa menangkap ide lalu menuangkannya ke dalam bentuk tulisan yang menarik. Tak selesai sampai di sana, sebelum di-posting, tulisan harus melewati proses editing, khawatir ada typo atau ada informasi yang keliru. Seorang blogger juga harus mencari gambar yang pas dengan isi tulisan. Dan yang lebih sulit dari itu semua adalah mengupayakan agar bisa konsisten ngeblog. Setidaknya itulah yang saya rasakan sependek pengalaman saya sebagai blogger.

Dari segala tantangan yang dihadapi tentu ada banyak upaya yang bisa kita lakukan agar bisa terus konsisten ngeblog. Dan inilah 5 hal yang selalu saya coba agar bisa terus ngeblog:

1.      Bergabung dalam Komunitas Blogger
Ada banyak komunitas blogger yang bisa ditemukan di sosial media. Saat ini saya tergabung di Warung Blogger dan Kumpulan Emak2 Blogger. Tapi yang paling memicu saya untuk ngeblog adalah komunitas 1Minggu1Cerita. Yang mengajak membernya untuk ngeblog setiap minggu lalu membuat setoran link postingan setiap minggunya. Member akan di-kick dari komunitas jika tidak membuat tulisan selama enam minggu berturut-turut. Jadilah saya terpicu buat ngeblog setidaknya 6Minggu1Cerita :D

2.      Menata Ulang Blog
Rasanya hampir tiap tahun saya membuat wacana dan rencana terkait blog. Perubahan sederhana seperti mengganti template juga bisa meningkatkan motivasi untuk ngeblog. Beberapa waktu yang lalu saya mengubah alamat blog ini menjadi jurnal-nufira.blogspot.com. Artinya saya memulai blog ini dari awal, blog saya hilang dari mesin pencari, page view menurun, link yang dishare otomatis mati. Tapi bagi saya, hal itu nggak masalah sebab artinya saya harus mengejar ketertinggalan dengan lebih konsisten ngeblog.

Oya, saya juga mengaktifkan kembali blog buku aromabuku.blogspot.com karena saya lebih senang membahas seputar buku (bookish). Lalu saya membuat rencana serta to do list untuk menghidupkan blog buku yang sudah hiatus lebih dari setahun itu. Seperti mengganti template, membuat schedule, memasang afiliasi dari toko buku online, dsb.

3.      Membuat Schedule
Setelah membaca artikel lewat Feedly atau Pinterest yang membahas seputar blogging, saya jadi tergugah untuk membuat konten blog lebih terencana. Salah satunya membuat schedule postingan selama sebulan ke depan. Saya membuat target serasional mungkin agar lebih mudah dikerjakan dan nggak jadi beban.

4.      Menulis dengan Cepat dan Simpel
Inilah upaya yang sedang saya coba lakukan setiap hari. Saya mencoba menulis draft tanpa berpikir banyak. Semacam free writing. Dan saya mencoba membuat kalimat sesimpel mungkin, tema sesederhana mungkin yang dekat dengan kehidupan saya sehari-hari. Bukan berarti saya menurunkan kualitas demi kuantitas. Bukankah ada banyak hal sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang bisa direnungi?

5.      Read More
Kalau kata Stephen King, kunci untuk menjadi penulis adalah dengan read a lot and write a lot. Jadi saya mencoba untuk rajin blogwalking, agar bisa belajar dari blogger lain. Selain membaca buku cetak, saya juga menyimpan banyak e-book di handphone. Saya juga memasang aplikasi Feedly untuk membaca artikel seputar blog atau seputar hal yang saya minati. Pinterest juga sumber yang paling asik buat nyari tips seputar blog, kumpulan ide tulisan, dan hal kreatif lainnya. Saat tak tahu mau baca apa, saya biasanya buka aplikasi Wikipedia dan mengklik menu artikel random. Rasanya menyenangkan saat menemukan kosa kata baru atau bahasan tentang hal yang bagi saya baru. Apalagi jika bisa menjadi ide tulisan.


Itulah 5 usaha terbaik yang bisa saya lakukan agar bisa terus konsisten ngeblog dan yang lebih penting, bisa menebar manfaat lewat tulisan. Kalau kamu, apa yang kamu lakukan agar bisa konsisten ngeblog?



*ditulis untuk 1Minggu1Cerita dengan tema “Usaha Terbaik”.

Comments

  1. Quote di awal makjleb banget.. reminder yang bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya, pengingat buat diri saya sendiri juga :D

      Delete
  2. Wah terimakasih tipsnya bun. Memotivasi saya sebagai blogger baru. Oh ya bun mu tanya. Klo boleh tanya penyebab blog sebelumnya hilang itu kenapa ?agar saya bisa belajar juga utk berhati2. Trus bun, klo boleh tahu templeatenya beli atau download yg gratis ?soalnya bagus. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, blognya Bunda Erysha udah bagus banget kali. Saya yang harus banyak belajar dari Bunda.

      Itu karena alamat blognya saya ganti, awalnya nufira-stalwart.blogspot.com

      Ini gratisan kok, bawaan blogspot, biar simpel aja. Alhamdulillah kalau enak diliat :)

      Delete
  3. disiplin memang harus ya
    tapi klo pas kebarengan sibuk di dunia nyata ya sudah...

    ReplyDelete
  4. Point no 2 itu yg masih menjadi kelemahanku mbak, jadi sering banget blogku berantakan, tpi untung ada sahabatku yang merapikannya dengan baik. Thanks infonya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa. Apalagi di blogspot kalau mau diedit mesti buka html. Salah nulis aja bisa ribet. Alhamdulillah kalau ada temen yang ngerti. Kalau saya paling googling aja. Makanya blog dibikin sesimpel mungkin biar ga pusing edit html :)

      Delete
  5. Menjadi konsisten itu salah satu dambaan para blogger. Dan memang semestinya hal itu menjadi habitnya para blogger sih ya. Tapi kalau di lingkaran blogger saya, yang full-time ngeblog itu sedikit. Kebanyakan ya sambilan. Nah, kesibukan di dunia selain ngeblog itu yang seringkali mendistraksi kita buat nunda-nunda ngeblog. Hwaaa.

    Btw, terima kasih atas uraiannya, Mbak. Sangat membantu. Oiya, blogmu bagus, Mbak. Ayo dipatenkan dengan TLD saja. Karena kalau mau ke sini lagi susah ngehafal linknya tuh. Hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga sampingan aja sih. Makanya godaannya besar :D

      Masih dalam tahap rencana nih. Semoga ke depannya :)

      Delete
  6. Konsisten memang penting banget mbak, saya juga kadang cari ide dr blogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, blogwalking ampuh buat cari ide kalau lagi writing block :)

      Delete
  7. Postingannya makjleb banget buat aku mbak, yang abis lama banget gak posting. huhuhu makasih loh eniwei tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ngeblog lagi :)

      Ini juga sebagai pengingat buat diri sendiri sih :)

      Delete
  8. Salut sama blogger yang konsisten ngeblog. Saya suka moody soalna. Hehehe... tipsnya oke, Mak. Makasiiih ya.. saya juga install feedly di hape :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :)

      Saya juga kadang moody sih :D
      Feedly wajib install, majalah2 keren ada di situ semua.

      Delete
  9. hooo... begitu. terimakasih sharingnya ya.
    dicoba juga ah :)

    ReplyDelete
  10. Iya ya Mba diawali dengan cerita sehari-hari yang simple. Tfs Mba ...

    ReplyDelete
  11. Waah 1 minggu 1 cerita cocok nih sbnrnya utk aku mba.. Krn aku posting blog jg baru bisa seminggu ssekali krn kerjaan kantor yg nyita waktu.. Eh tp tiap minggu temanya ditentuin yaa? Soalnya blogku sendiri nichenya traveling dan kuliner. Agak pusing nyari bahan kalo sampe temanya susah disambungin ke niche :D

    Cara lainku buat update blog, jg dgn beli domain dan hosting. Udah mahal, kalo ga dutin nulis, berasa rugi banget kan :D. Makanya ini bisa pacuan buatku lbh rajin nulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temanya bebas kecuali pada minggu pertama biasanya ada tema dan giveaway. Temanya sendiri sifatnya umum, jadi bisa disesuain sama niche blog kita :)

      Huhu, iya nih, udah banyak yang nyaranin tapi belum sempet ngurusin. Semoga segera :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Komunitas] Tabrak Warna: Menolak Tua*

[REVIEW] Panduan Diet untuk Orang Bergolongan Darah B

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

REVIEW: Bulan Merah (Kisah Para Pembawa Pesan Rahasia)

Belajar tentang Gaya Hidup Minimalis dari 5 Youtubers Ini