Buku yang Aku Baca di Bulan Juni

Tulisan ini terisnpirasi dari banyaknya temen-temen yang posting di blog masing-masing tentang buku apa yang dibaca selama bulan ini.

Buat aku sih ini jadi motivasi untuk senantiasa membaca buku kemudian tak lupa berbagi kepada teman-teman lain tentang isi dari buku yang aku baca. Disertai review kecil-kecilan semoga membantu pembaca untuk mencari kisi-kisi tentang buku yang akan diincar atau malah jadi buku yang recommend buat dibaca.

Nah berikut buku yang aku baca di bulan Juni, tentunya diluar buku teks yang dijadiin referensi skripsi. Disusun berdasarkan urutan waktu membacanya. Check this out!


Ayahku (bukan) Pembohong

Ini adalah novel tere-liye berikutnya yang membuat aku tertawa, terharu, menangis dan tergugu ketika membacanya.

Adalah Dam, seorang anak yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng oleh ayahnya. Dongeng-dongeng yang akhirnya membuat dia membenci ayahnya sendiri dan menganggap ayahnya pembohong. Inilah novel yang ngajarin aku banyak hal lewat dongeng-dongeng seperti Lembah Bukhara, Suku Penguasa Angin, Si Raja Tidur, Danau para sufi dll.
Diantara dongeng itu yang paling kusuka dan berkali-kali aku membacanya adalah danau para sufi yang bikin aku manggut-manggut (so paham :D) tentang definisi kebahagiaan. Bahkan penulisnya sampai bilang, kalo kita ga dapet rumus tentang kebahagiaan disini, entah bagaimana lagi cara untuk menjelaskannya.
Sssttt…rahasia kita-kita aja ya, aku baca novel ini sampai habis di salah satu toko buku di Bandung, tanpa membelinya. Teman-teman kosanku pada ga percaya dengan sikap “muka tembokku”. Malah ada yang nyeletuk “Kalo liat cewe lagi asik baca di salah satu tempat duduk di deretan novel dan mastiin kalo itu bener-bener kamu, aku bakaln pura-pura ga kenal” #Plakkk...



Gratis keliling Indonesia dan Belajar di Luar Negeri karena Blog
Buku ini aku beli 16 september 2011 lalu ketika aku mau serius ngeblog, bukan berarti sebelumnya ga serius, tapi memang sebelum baca buku ini aku ga terlalu tertarik ngapdet blog, kecuali kalau ada tulisan yang menjadi sampah kegalauanku. Halaaah...
Buku ini adalah pengalaman pribadi seorang bloger yang meraup banyak keuntungan dari blognya yaitu Nonadita. Dia berbagi ilmu tentang blog juga tips n trik bikin blog yang cool bukan cuman desain tapi juga tentang konten yang kata dia “Tulislah apa yang kita senangi”. Blog juga merupakan personal branding atau juga etalase dari karya kita.
Nonadita ini sering ikutan lomba blog yang akhirnya bikin dia keliling Indonesia bahkan belajar di luar negeri. Sweaaar…bikin ngiler -_-a



Personality Plus
Inilah buku “wajib”ku beberapa tahun lalu ketika selalu saja bingung tentang banyak hal yang aku rasakan, setelah dites hasilnya hal yang mencolok dalam diriku adalah “Melankolis”.

Aku percaya dan setiap kali ada kendala dengan emosional aku langsung baca buku ini dan aku menerapkan saran-saran dari Florence Littauer terkait permasalahan yang kuhadapi.

Ya itu terjadi kurang lebih setahun yang lalu, sampai akhirnya aku sadar bahwa kita ini unik dan aku tidak ingin didikte sebuah buku.

Akhirnya aku menutup buku itu dan dalam waktu bersamaan ada yang meminjamnya dalam waktu yang relatif lama, jadi ya sudah aku melanjutkan hidupku dengan prinsip-prinsip yang memang selama ini kupahami dari berbagai sumber, bisa jadi hal yang kualami sehari-hari. Bukan cuman melulu dari buku.


Hingga beberapa hari kemarin ketika buku itu dikembalikan sang peminjam, aku iseng tes kepribadian lagi, sekalipun hasilnya tetap melankolis yang menonjol, tapi ternyata plegmatisku meningkat, padahal aku ngerasa eku lebih banyak plegmatisnya dari pada melankolis, yaudah tidak ada salahnya lagi membuka-buka buku ini dan taraaa aku selalu saja dapat “sesuatu” dari buku ini bahwa yang salah besar adalah ketika kita melabeli seseorang itu dengan salah satu kepribadian ini tetapi yang benar adalah kita mampu memahami kelebihan dan kekurangan dari seseorang sehingga kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang lain atas dasar saling memahami.


Ramadhan Bulan Pembinaan Umat
Karena sesaat lagi ramadhan tiba, jadi merupakan hal yang wajib bagiku  untuk membaca buku tentang shaum, taku-takut aku lupa tentang beberapa fikih shaum, karena memang salah satu hal yang harus dipersiapkan ketika mendekati ramadhan adalah selain dari menyipakan fisik dan ruhani juga menyiapkan pengetahuan tentang hal yang berkaitan dengan shaum. begitu...

Marhaban yaa Ramadhan ^_^ rasanya udah kangen banget sama bulan yang satu ini...


Nikmatnya Pacaran setelah Pernikahan
Buku Salim A Fillah ini satu-satunya buku tentang pernikahan yang aku punya. Berhubung kemaren-kemaren (ehemm...) sedang galau masalah ini jadi aku baca lagi terutama tentang bagaimana menjaga kesucian diri sebelum saat-saat itu menghampiri. beuuhhh...
Sekalipun tipis, aku belum baca buku ini sampai tamat, #lho??


Yaa.. aku hanya membacanya di bagian satu dan dua yang berkaitan dengan proses pranikah. Sementara bagian tiga yang isinya tentang pascanikah tak pernah aku baca karena….emmm…entah mungkin takut kabita (what the meaning?) atau ngiler pengen segera.

Sebenernya ga ada yang salah, itu kan ilmu, tapi aku ingin membacanya ketika aku memang sudah jelas akan melangkah ke arah sana, sehingga tidak hanya menjadi angan-angan semu yang ujung-ujungnya bagiku malah bikin menghayal macam-macam :D #eh??


No Excuse
Udah lama banget ga baca buku motivasi, rasanya muak saja dengan kata-kata motivasi karena bagiku yang penting action, action, action… titik!
Tapi ternyata buku ini membawa angin segar yang menyentuh titik-titik gersang di sudut hatiku. Pa Isa Alamsyah ini menghadirkan buku motivasi yang malah kaya chicken shoup yang berkali-kali membuat saya terganga haaaaa….  Sekaligus menyadarkanku tetang banyak hal.
Salah satu kutipan yang aku catat adalah “Orang yang sukses itu tahu kapan saatnya mendengarkan dan kapan saatnya mengabaikan kalimat orang lain.” Jleb se-jlebjlebnya lah…
Secara, selama ini sering down dengan pandangan orang-orang. Sekalipun ujungnya udahlah cuekin…tapi ya memang selalu ada waktunya kapan kita dengerin dan kapan kita tutup telinga dengan kata-kata orang.
Sebenarnya belum tamat bacanya, jadi kalo di goodreads mah currently reads..


Nah, Itulah beberapa buku yang aku baca di bulan ini, baik itu yang tamat aku baca atau baru sebagian, karena membaca itu bagiku sesuai kebutuhan, yah kecuali novel harus dibaca sampai habis.
Kalo kamu? Buku apa saja yang kamu baca selama bulan juni???

Comments

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Hanya Isyarat [Rectoverso]

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Belajar tentang Gaya Hidup Minimalis dari 5 Youtubers Ini