Komunitas Taraje

Pernah denger ada komunitas kepenulisan bernama Komunitas Taraje?
Cuman pernah denger aja tapi nggak tau kegiatannya ngapain?
Oke, ikutin deh Q&A berikut ini:
 
Q: Taraje apaan?
A: Taraje itu bahasa Sunda. Artinya tangga terbuat dari bambu yang kokoh dan lentur.
Q: Kenapa nama komunitasnya Taraje?
A: Awalnya komunitas ini bernama Anak Muda Bikin Buku (AMBB), tapi akhirnya diganti jadi Komunitas Taraje. Filosofinya karena taraje melambangkan jalan ke atas atau ke puncak. Karena ini komunitas kepenulisan, harapannya komunitas ini bisa membawa anggotanya ke puncak kesuksesan dalam hal menulis.

Q: Siapa yang menggagas dan terlibat di komunitas ini?
A: Penggagasnya Fatih Zam selain itu ada beberapa penulis yang mengisi kelas diskusi seperti Langit Amaravati, Ratna Ayu Budhiarti, M. Iqbal Dawami, Hendra Veejay, Untung Wahyudi, Lutfi Mardiansyah, Tasaro GK, dan masih banyak lagi. Kita juga suka ngundang penulis untuk menjadi bintang tamu.
Q: Emang kegiatannya apa aja?
A: Ada kegiatan online ada juga gathering. Kalo online biasanya kita diskusi di grup facebook. Mulai dari diskusi fiksi (cerpen, novel dan puisi), nonfiksi (esai dan resensi), diskusi film hingga fotografi. Kita juga sempet beberapa kali gathering. Acara gathering bisa diskusi kepenulisan, baca puisi, ngopi bareng di kedai kopi, main ke taman bacaan atau ke rumah penulis.
Q: Teknis diskusi online-nya gimana?
A: Biasanya ada jadwal kelas, misalnya kelas cerpen atau film. Nanti ada pemateri yang ngasih bahan diskusi lalu dilanjutkan dengan tanya jawab. Tapi sayang beberapa bulan terakhir nggak jalan. 
Q: Udah bubar? Sayang banget!
A: Tenang aja, Komunitas Taraje kini hadir di twitter.
Q: Wah di twitter juga ada? Ngapain aja?
A: Dari dulu sebenarnya ada tapi cuman buat repost diskusi di grup facebook. Sekarang di twitter juga ngadain bedah cerpen, kultwit tips menulis, ngomongin buku terus kamu bisa share link blogmu dan nanti di-retweet deh!
Q: Oh iya ngerti. Terus di Komunitas Taraje bisa nyari jodoh gak?
A: -__________- *lemparin sendal*

Oke segitu dulu Q&A tentang Komunitas Taraje. Biar afdol, meluncur deh ke akun twitter @Taraje_ID dan grup facebook di sini. Kalo berkarya kita rajin kok, gak serba taaaar ajeeee... :p
Ditunggu ya!

Salam Hangat

Comments

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

Hanya Isyarat [Rectoverso]

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Tamasya Ingatan (Sebuah Surat untuk Fathia Mohaddisa)