Pencapaian Apa yang Ingin Kamu Raih Hingga Akhir Tahun Ini?

"Sebutkan tiga pencapaian yang ingin Mpit raih sampai akhir tahun ini! Gausah ngomong ke aku, cukup sebutin dalam hati aja!" kembali, Lina Nurfadhila (temen kosan saya) mengajukan pertanyaan krusial kepada saya menjelang tidur.
Saya diam sejenak. Lalu tertawa.
"Hahaha apa yah?"
Pencapaian? Lalu pikiran saya melambung ke bulan Desember, ngebayangin kalo selama tahun 2014 aku do nothing! Ga ada resolusi, ga ada perkembangan. I’m stuck here!
Gambar unyu-unyu ini diambil dari sini
"Oh ya! Reading Challenge. 50 buku buat tahun ini. Haha” Saya berseru lalu terkekeh. “Eh, terus apa lagi? Harus tiga yah?”
"Satu juga gapapa. Tapi harus diusahain tercapai. Soalnya aku juga punya pencapaian yang ingin aku raih. Jadi kita bareng-bareng berjuang."
Gini nih asiknya punya temen dengan pandangan hidup yang positif dan optimis. Saya yang santai-santai pun terpacu buat berjuang demi kehidupan yang lebih baik. Hehe
Saya memutuskan untuk menentukan tiga pencapaian yang ingin saya raih akhir tahun ini. Tapi baru kepikiran dua sih, yang pertama, yaitu tadi, Reading Challenge yang saya ikuti di Goodreads.

Ini tahun kelima saya punya akun di Goodreads tapi ini tahun pertama saya mengikuti Reading Challenge. Sampai saat tulisan ini dibuat, baru 18 buku yang selesai saya baca dari target 50 buku. Saya sempat berpikir bahwa target 50 buku itu ketinggian dan berniat menurunkannya jadi 30 buku. Tapi ah biarlah, mau saya coba dulu.
Saya membuat strategi untuk menyelesaikan 32 buku yang tersisa dengan cara membaca dua buku seminggu. Semoga kalo saya konsisten, tantangan ini akan selesai dalam empat bulan kedepan. Lalu teman saya bilang, kalo kamu baca buku cuman buat menuhin Reading Challenge, udah aja bacanya yang tipis-tipis kayak antologi puisi atau komik gitu.
Harapan idealis saya Reading Challenge ini tidak saya jadikan beban atau asal beres saja. Ini  media yang mengontrol konsistensi saya untuk terus membaca sebanyak mungkin buku dan belajar dari sana. Semoga dengan membaca banyak buku berpengaruh pada kualitas tulisan saya
Pencapaian kedua yang ingin saya raih akhir tahun ini. Saya ingin mengikuti NaNoWriMo dan menyelesaikan tantangan membuat novel sebanyak 50.000 kata dalam waktu sebulan. Itulah kenapa saya melatih jari saya untuk mengetik setiap hari beberapa minggu terakhir lewat program Kembali #MenantangDiri #30HariMenulis di blog ini.
Pada minggu pertama program ini, saya mulai menulis 200 kata perhari, tetapi biasanya lebih dari 200 kata. Pada minggu kedua saya berusaha mengejar angka minimalnya 300 kata. Besok lusa mungkin saya akan mulai menulis 500 kata, lalu 1.000 kata. Biasanya kalo 1.000 kata untuk cerpen. Jadi saat bulan November harus kuat setidaknya 1.667 kata perhari untuk bisa menyelesaikan 50.000 kata sebulan.
Pencapaian ketiga, belum saya pikirkan, mungkin tulisan ini akan saya update nanti kalau saya sudah memikirkan pencapaian ketiga yang ingin saya raih akhir tahun ini.
Nah, kali ini saya ingin bertanya hal serupa pada blogger lain, begini peraturannya:

1.      Saya akan memanggil beberapa nama blogger di bawah, untuk menuliskan beberapa pencapaian yang ingin diraih hingga akhir tahun.
2.      Blogger yang tidak saya tunjuk tapi mau ikutan, boleh. Tetapi blogger yang ditunjuk wajib menulis hal-hal yang ingin dicapainya pada blognya masing-masing, lalu menunjuk blogger lain untuk menjawab pertanyaan yang serupa.
3.      Link tulisanmu boleh dicantumin di kolom komentar ya. Biar kamu gak ngerasa sendiri, dan kita bisa berbagi semangat.
4.      Blogger yang saya tunjuk adalah Travenita, Titik Hidup dan Ulinufa.

 Tulisan ini dibuat dalam rangka (Kembali)#MenantangDiri #30HariMenulis

Comments

Popular posts from this blog

Yang Terbaik Bagimu* (Puisi untuk Ayah)

Menulis sebagai Passion, Pekerjaan atau Hobi?

5 Upaya agar Bisa Konsisten Ngeblog

Hanya Isyarat [Rectoverso]

Dapet Kerjaan Gara-gara Ngeblog

Belajar tentang Gaya Hidup Minimalis dari 5 Youtubers Ini